Sabtu, 13 Juli 2013

MANFAAT MEMBACA BUKU


   “Buku,”kata pepatah Mesir klasik,”adalah makanan bagi jiwa manusia.” Buku adalah ibarat vitamin yang mampu meningkatkan daya intelektualitas dan emosional kita. Dengan buku kita dapat ‘berdialog’ dengan orang-orang dari berbagai tempat dan waktu yang berbeda. Lewat buku pula kita dapat berkelana dalam berbagai arus pemikiran.

     Bagi seorang muslim, membaca sesungguhnya adalah salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu. Ada beberapa alasan dan manfaat membaca buku.

    Pertama, berilmu sebelum beramal. Allah memerintahkan kepada kita agar terlebih dulu menuntut ilmu kemudian beramal dengan ilmu yang kita dapatkan. (Lihat Q.S. Muhammad : 19)

   Kedua, mengetahui dasar-dasar kaidah dakwah. Setiap manusia di muka bumi ini apabila telah beriman terhadap suatu fikrah (ide, aliran, pemikiran) dan menerimanya  maka ia bekerja dan mengerahkan segala kemampuannya  untuk menyebarkan dan berkorban di  jalannya. Aktivitas orang  ini akan lebih kuat dan bersemangat apabila nilai-nilai dasar dan kekuatan yang ia perjuangkan itu sangat kokoh bagaikan gunung yang terpancang di permukaan bumi.

   Ketiga, membentuk kerangka berfikir. Kerangka berfikir yang berdasar ilmu yang benar merupakan suatu keharusan bagi aktivis dakwah supaya ia mampu menyanggah setiap keragu-raguan yang menyesatkan dan menangkis pendapat-pendapat yang menyimpang. Aktivis yang tak memiliki kerangka berfikir yang kuat maka jiwanya mudah terombang-ambing oleh penyimpangan dan kesesatan.

     Keempat, menumbuhkan kemampuan menganalisis dan menyampaikan pendapat dan kritik dengan benar. Dengan terus membaca dan menelaah isi berbagai macam buku dan kitab akan memberikan kepada seseorang suatu kemampuan untuk menganalisis dan mengemukakan  pendapatnya secara benar. Apabila ia mengkritik suatu masalah maka dilakukan dengan mata dan bahasa ilmu pengetahuan.

     Kelima, orang yang sering membaca akan terbuka wawasan dan pengetahuannya. Dengan demikian berbekal wawasan dan pengetahuannya itu akan menguatkan kepribadiannya.”Demi Allah, hidupnya seorang pemuda itu karena ilmu dan ketaqwaannya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAHABAT MANTU

Salah satu rezeki yang patut disyukuri setiap hari adalah dipertemukannya kita dengan orang-orang baik dan sholeh. Bersahabat dengan teman-t...