Jumat, 28 Juni 2013

KULIAH KERJA NYATA

Kuliah kerja nyata lagi? Sudah selesai kuliah KKN lagi? Hmm...

Maksud saya ini bukan kuliah kerja nyata seperti yang harus dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir  sebagai salah satu mata kuliah wajib dan sebagai salah satu syarat kelulusan  mencapai gelar sarjana. Bukan pula hanya dua bulan waktunya dan diprogram  menurut bidang keahlian masing-masing.Tapi kuliah dalam arti praktek melakukan sesuatu dan belajar terus menerus sepanjang hidup  dari praktek tersebut, memperbaiki diri dan dilaksanakan lagi.Begitu terus menerus. 

Apa yang harus dilakukan?

Apa saja yang berhubungan atau merupakan bagian hidup manusia.Bergaul dengan orang banyak,membina hubungan,melakukan tugas, bekerja,menikah, mendidik anak,membangun masyarakat, berpolitik, melakukan usaha perbaikan-perbaikan,berusaha mencapai tingkatan derajat manusia yang suci,ruhaniah, pengalaman spiritual dan lain-lain. 

Rasanya,hal-hal yang demikian terasa lebih menantang pikiran, menggairahkan hati, menggelitik ego kita untuk bisa membuktikan bahwa kita bisa.Bahwa kita bukanlah seorang pecundang dengan segala kelemahan dan kekurangan kita sebagai manusia.Kita ingin menyambut seruan atau panggilan Tuhan dan membuktikan semua jaminanNya benar dan membawa kemaslahatan bagi manusia itu sendiri.

Mungkin,kadang-kadang kita kalah,gagal, atau terjatuh tetapi kemudian kita bangkit lagi dengan semangat baru yang lebih menyala-nyalaseperti bara api yang hampir mati kemudian ditambah arang baru dan dituangi minyak akan muncul bara api yang lebih besar dan lebih panas.

Belajar atau kuliah di sekolah memang penting tapi kuliah dalam kehidupan nyata lebih penting,lebih menggairahkan dan lebih menantang.Belajar di sekolah hanya bagian kecil saja yang mungkin untuk masa sekarang sudah tak memadai lagi bila dikaitkan dengan perubahan zaman yang sangat cepat.Sedangkan belajar dari kehidupan nyata itu lebih menggairahkan karena pada hakikatnya kehidupan itu sendiri banyak bicara pada kita.Memberi banyak pelajaran penting, riil secara terus menerus. Tugas kita adalah menangkap  dan memahaminya serta mempergunakan pengetahuan itu secara maksimal dengan semangat terus memperbaiki diri secara berkesinambungan. Insya allah kita akan dapat pengalaman  baru yang sarat makna yang akan membuat hidup kita bahagia berkelimpahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAHABAT MANTU

Salah satu rezeki yang patut disyukuri setiap hari adalah dipertemukannya kita dengan orang-orang baik dan sholeh. Bersahabat dengan teman-t...